Selasa, 24 Maret 2015

Pembangkit mood (MOOD BOOSTER)

Mood booster atau pembangkit mood itu adalah sesuatu yang kita perlukan saat kita merasa jenuh, patah hati, malu, takut, tertekan, stress, depresi, kesel, atau apalah yang membuat hati jadi gak enak. Biasanya yang gampang unmood itu perempuan,ya..biasanya bisa karena lagi PMS, laki-laki juga bisa kayak gitu sih, di akibatkan IMS (Irritable Man Sindrome) sb:@wowfakta. Tapi tetep aja dominan perempuan yang sering unmood. Misalnya aja di sekolah diem-dieman sama temen, sama sahabat cuma gara-gara hal sepele, pulang-pulang ke rumah ibu dan ayah gak disapa... adik,kakak di jutekin..Atau karena masalah di kerjaan, si bos yang bikin bete. nyuruh kerjaan banyak-banyak dan deadline nya mepet.. oohh tidak !! bener-bener ngeselin. Bisa aja tadinya mood kita yang baik-baik aja mendadak hancur berkeping-keping. :D

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan mood yang tiba-tiba rusak. Noe bakal share 3 hal yang bisa bikin mood bangkit. and jeng...jeng.. Pertama : Mendekatkan diri pada Allah SWT, Sang Pencipta.Ini harus jadi yang utama. Karena kita ini ciptaan-Nya semua berasal dan berakhir dari-Nya :
  1. Berwudhu. Menjaga wudhu selain menyegarkan wajah, juga berefek menenangkan hati. Wudhu menjaga kesucian diri. Ketika marah maka berwudhulah. dan duduk.
  2. sholat. Ini bentuk komunikasi kita sama Pencipta, kita curhat dalam sholat dan doa. minta petunjuk dan diberi jawaban atas setiap masalah yang kita hadapi. setelah sholat dan berdoa hati menjadi lebih tenang dan lapang.
  3. Bersyukur, ya bersyukur ini lahir dari fikiran yang positif. Bahwa setiap masalah, setiap hal yang kita anggap tidak baik itu sebenarnya baik buat kita. mengajarkan kita tentang hidup. Percaya kalau ada hal baik yang Dia berikan pada kita melalui masalah.
  4. Memafkan. maafkan diri sendiri dan maafkan orang yang membuat hati kita sakit atau gak enak. karena dengan memaafkan membuat hati terasa damai. tanpa beban. Ini juga cara kita untuk belajar berhati-hati.
Nah hal ke-2 yang bisa memperbaiki mood adalah : Makanan!.  Ada banyak artikel yang nge share jenis makanan apa aja yang bisa bikin mood come back to me.hehehe,.. ini noe share ulang ya.
  1. Cokelat, yap udah jadi pengetahuan umum dong ya kalo cokelat itu bisa bikin mood balik lagi atau paling gak semakin membaik. Cokelat mengandung alkanoid yang membuat cokelat berasa pahit (mungkin ini alasan kenapa cokelat jadi obatnya mood ya..rasanya paitt ..hehehe), protein, karbohidrat dan lemak.Nah protein nya mengandung fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Cokelat juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Flavanols dalam cokelat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan menghilangkan stress.
  2. kacang-kacangan, kandungan omega-3 dalam kacang-kacangan dapat meredakan perilaku yang berlebihan a.k.a agressif yang biasa kita lakukan atau ucapin ketika marah.
  3. kopi/ teh, kalo noe anjurin teh aja deh ya. teh mengandung senyawa flavonoid yang memberikan efek tenang di saraf. Makanya kalo lagi stress gak usah merokok. itu bikin saraf semakin tegang kayaknya. Nah, kalo kopi itu lebih cocok jadi teman begadang kali ya.
  4.  Jus, berbagai buah yang mengandung vitamin C seperti buah Bit, atau selai blueberry juga baik untuk memperbaiki mood.
  5. ikan salmon/minyak ikan, ini juga dapat meningkatkan kesehatan otak. kalo otak kita sehat, berfikir jernih, hati bisa diatur dengan baik sesuai suasana. Ikan salmon, tuna mengandung omega-3 dan vitamin B12 yang sangat baik buat kesehatan otak tadi. 
Dan hal yang ke-3 sekaligus terakhir dalam artikel mood booster ini adalah:  kegiatan. Noe baca beberapa artikel mood booster dan beberapa juga yang noe lakuin sendiri :  
  1.  Perbaiki posisi duduk, duduk yang tegak, jangan membungkuk. Selain supaya kita gak lordosis, posisi duduk yang tegak, pandangan mata lurus kedepan juga bisa meningkatkan energi positif.
  2. Menyapa matahari, menikmati matahari pagi itu sehat untuk tubuh dan  juga 5 menit di bawah sinar matahari menstimulasi motivasi, semangat, dan mood kita.
  3. Tidur. kalau udah terasa sangat penat, sedih, stress, ada baiknya tidur sekitar 20 menit. Ketika bangun tidur biasanya fikiran bisa lebih fresh, dan ini menyebabka mood kita juga fresh.
  4. Tarik nafas yang panjang, lalu buang perlahan. lakukan beberapa kali. karena saat marah, kesel, stress, biasanya dada terasa sesak. maka ketika menarik nafas panjang lalu membuang perlahan dapat melegakan rasa sesak tersebut.
  5. Menulis, semua orang bisa menulis. Kita bisa menulis diary, menulis puisi yang mengkodisikan hati, bisa juga nulis artikel hal-hal yang membuat kita unmood dan cara mengatasinya versi kita. Menulis dapat memotivasi diri, mengembangkan bakat nulis juga, nah menurut noe itu semua bentuk penyelesaian unmood kita dengan menulis.
  6. Tersenyumlah, senyum indah yang tulus. Mata harus tetap berbinar indah, senyum harus terus merekah terlukis diwajah. Karena senyuman dapat mensugesti diri untuk bahagia membuat orang yang melihat senyuman kita menjadi senang. Tersenyum juga membuat urat-urat wajah gak tegang. Ini membuat fikiran jadi tenang dan positif.
  7. Memandang langit luas. malam dengan gemerlap bintang. ketika melihat keatas hati akan terasa damai. karena ternyata masalah kita tidak seluas langit yang indah.  
  8. Nonton film. bisa film komedi, cartoon, atau film inspirasi.
  9. Jalan bareng sahabat.

Sekian tulisan noe tentang mood booster ini . moga bermanfaat buat yang baca. Terimakasih.. left comment ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar