RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Identitas Program Pendidikan:
Nama Sekolah
|
:
|
SMK
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
K
I M I A
|
Kompetensi Keahlian
|
:
| |
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018/2019
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
6
JP
|
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
KI
|
Deskripsi
Kompetensi Inti
|
Pengetahuan
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional
|
Keterampilan
|
Melaksanakan tugas
spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkanketerampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
KD
|
KODE
|
Deskripsi
Kompetensi Dasar
|
Pengetahuan
|
3.5
|
Menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam
basa dan daya hantar listriknya
|
Keterampilan
|
4.5
|
Melakukan percobaan uji larutan berdasarkan sifat
asam basa dan daya hantar listriknya
|
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
KODE
IPK
|
RUMUSAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
|
RUMUSAN
TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)
|
3.5.1
|
Membedakan larutan berdasarkan sifat asam basa
|
Melalui
diskusi kelompok dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, peserta
didik mampu menuliskan hal-hal yang membedakan larutan asam-basa berdasarkan
sifat-sifatnya.
|
3.5.2
|
Menganalisis konsep larutan berdasarkan daya hantar
listriknya
|
Melalui
diskusi kelompok dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, peserta
didik mampu menuliskan hal-hal yang membedakan larutan berdasarkan daya hantar
listriknya
|
4.5.1
|
Mengidentifikasi larutan berdasarkan sifat asam-basa
|
Melalui percobaan yang dilakukan,
peserta didik mampu membedakan larutan berdasarkan sifat asam-basa.
|
4.5.2
|
Mengidentifikasi
larutan berdasarkan daya hantar listriknya
|
Melalui pecobaan yang dilakukan,
peserta didik mamtu membedakan larutan berdasarkan daya hantar listriknya.
|
D.
Materi Pembelajaran
Rincian
dari Materi Pokok Pembelajaran :
1.
Defenisi
Larutan Asam-Basa
2.
Konsep
menyelesaikan masalah yang berkaitan larutan berdasarkan sifat asam-basa dan
daya hantar listriknya
3.
Prosedur
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan larutan berdasarkan sifat asam-basa
dan daya hantar listriknya
4.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan larutan berdasarkan sifat asam-basa
dan daya hantar listriknya.
E.
Pendekatan, Model dan
Metode
Pendekatan
|
Saintifik
|
Model
|
Problem
Based Learning
|
Metode
|
Diskusi
Kelompok, praktikum, laporan
|
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama = 2 x 45
menit
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam
· Berdoa
· Mengecek kehadiran
· Menyanyikan lagu nasional
· Mengecek kebersihan kelas
· Mengecek kelengkapan belajar
· Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
· Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
· Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara
belajarnya
· Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan
berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
|
10 menit
|
|
Inti
|
Sintak
|
Deskripsi
Problem Based Learning
|
Waktu
|
1. Mengidentifikasi
masalah
|
· Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai
mengidentifikasi masalah yang akan ditentukan penyelesaiannya
· Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
|
5 menit
|
|
2.
Menetapkan
masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi
yang relevan
|
· Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui
berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
kemudian menunjukkan kepada guru.
· Guru memberikan penilaian terhadap hasil
identifikasi siswa dan kelompoknya
|
5 menit
|
|
3.
Mengembangkan
solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan
mengecek perbedaan pandang
|
· Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui
pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek
perbedaan pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan membaca dari buku
paket,LKS, buku-buku yang relevan, dan media internet ”
· Guru memberikan tanggapan yang diperlukan
|
5 menit
|
|
4.
Melakukan
tindakan strategis
|
· Siswa dan kelompoknya mulai menemukan tindakan
strategis untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan
daya hantar listriknya
· Guru menilai kinerja kelompok
|
15 menit
|
|
5.
Melihat ulang
dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
|
· Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja
mereka dan melihat apakah hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan
sifat asam-basa dan daya hantar listriknya sudah lengkap
· Siswa dan kelompoknya mempresentasekan hasil
pengumpulan informasi mengenai konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan
daya hantar listriknya
· Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran
|
40 menit
|
|
Penutup
|
Deskripsi
kegiatan
|
Waktu
|
|
Ø Guru
Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat
rangkuman hasil belajar
§ Melakukan
refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan
umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø Guru
melalukan:
§ Penilaian
dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi
tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri daya
hantar listrik larutan.
§ Memberi
tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu Praktikum Uji Larutan berdasarkan sifat asam-basa
dan daya hantar listriknya
Ø Do’a
penutup pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua = 2 x 45 menit
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam
· Berdoa
· Mengecek kehadiran
· Menyanyikan lagu nasional
· Mengecek kebersihan kelas
· Mengecek kelengkapan belajar
· Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
· Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
· Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara
belajarnya
· Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan
berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
|
10 menit
|
|
Inti
|
Sintak
|
Deskripsi
Problem Based Learning
|
Waktu
|
6. Mengidentifikasi
masalah
|
· Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai
mengidentifikasi masalah yang akan ditentukan penyelesaiannya
· Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
|
5 menit
|
|
7.
Menetapkan
masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi
yang relevan
|
· Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui
berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
kemudian menunjukkan kepada guru.
· Guru memberikan penilaian terhadap hasil
identifikasi siswa dan kelompoknya
|
5 menit
|
|
8.
Mengembangkan
solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan
mengecek perbedaan pandang
|
· Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui
pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek perbedaan
pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan menggunakan indikator alami
atau buatan, ”
· Guru memberikan tanggapan yang diperlukan
|
5 menit
|
|
9.
Melakukan
tindakan strategis
|
· Siswa dan kelompoknya mulai melakukan praktikum
untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar
listriknya
· Guru menilai kinerja kelompok
|
50 menit
|
|
10.
Melihat ulang
dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
|
· Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja
mereka dan mencatat hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan sifat
asam-basa dan daya hantar listriknya melalui praktikum yang telah
dilaksanakan.
· Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran
|
10 menit
|
|
Penutup
|
Deskripsi
kegiatan
|
Waktu
|
|
Ø Guru
Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat
rangkuman hasil belajar
§ Melakukan
refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan
umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø Guru
melalukan:
§ Penilaian
dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi
tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri
daya hantar listrik larutan.
§ Memberi
tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu Praktikum Uji Larutan berdasarkan sifat asam-basa
dan daya hantar listriknya
Ø Do’a
penutup pembelajaran
|
10 menit
|
Pertemuan Ketiga = 2 x 45
menit
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam
· Berdoa
· Mengecek kehadiran
· Menyanyikan lagu nasional
· Mengecek kebersihan kelas
· Mengecek kelengkapan belajar
· Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
· Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
· Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara
belajarnya
· Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan
berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
|
10 menit
|
|
Inti
|
Sintak
|
Deskripsi
Problem Based Learning
|
Waktu
|
11.Mengidentifikasi
masalah
|
· Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai
mengidentifikasi masalah yang akan di tampilkan.
· Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
|
5 menit
|
|
12.
Menetapkan
masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi
yang relevan
|
· Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui
berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
kemudian menunjukkan kepada guru.
· Guru memberikan penilaian terhadap hasil
identifikasi siswa dan kelompoknya
|
5 menit
|
|
13.
Mengembangkan
solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan
mengecek perbedaan pandang
|
· Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui
pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek
perbedaan pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan menampilkan dalam
bentuk tabel atau video kegiatan dan reaksi-reaksi yang terjadi selama
praktikum ”
· Guru memberikan tanggapan yang diperlukan
|
5 menit
|
|
14.
Melakukan
tindakan strategis
|
· Siswa dan kelompoknya mulai menemukan tindakan
strategis untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan
daya hantar listriknya
· Guru menilai kinerja kelompok
|
10 menit
|
|
15.
Melihat ulang
dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
|
· Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja
mereka dan melihat apakah hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan
sifat asam-basa dan daya hantar listriknya sudah lengkap
· Siswa dan kelompoknya mempresentasekan hasil
pengumpulan informasi mengenai konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan
daya hantar listriknya
· Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran
|
45 menit
|
|
Penutup
|
Deskripsi
kegiatan
|
Waktu
|
|
Ø Guru
Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat
rangkuman hasil belajar
§ Melakukan
refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan
umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø Guru
melalukan:
§ Penilaian
dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi
tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri
daya hantar listrik larutan.
§ Memberi
tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø Do’a
penutup pembelajaran
|
10 menit
|
G.
Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
Media
|
Laptop, LCD, Projector
|
Alat
|
White board, spidol, alat-alat praktikum
|
Bahan
|
Lembar Aktivitas Kelompok, Larutan bahan uji
|
H.
Sumber Belajar
Sumber Belajar
|
Purba, Michael.2006. Kimia Kelas X. Jakarta: Erlangga
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Soal Uraian
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
||
Penugasan
|
daftar perintah
|
||
2
|
Keterampilan
|
Penilaian Proyek
|
Soal (perintah), Prosedur,dan
Format Penilaian
|
Praktik
|
Soal (perintah), Prosedur,dan
Format Penilaian
|
||
Produk
|
Soal (perintah), Prosedur,dan
Format Penilaian
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pengetahuan
1. Melalui persamaan
reaksi pada senyawa CH3COOH jelaskan sifat dari senyawa tersebut !
2. Melalui persamaan
reaksi pada senyawa Mg(OH)2 yang terdapat dalam obat magh jelaskan
sifat dari senyawa tersebut !
b.
Keterampilan
Penuntun Praktikum
IDENTIFIKASI KEASAMAN DAN KEBASAAN LARUTAN
Hari /Tanggal Percobaan :
Kelompok :
Nama anggota kelompok :
1.
2.
3.
4.
5.
Tujuan Percobaan :
1. Siswa
mampu membuat indikator alami dengan bahan-bahan yang ada di alam
2. Siswa
mampu membedakan keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan menggunakan
indikator alami dan buatan.
3. Siswa
mampu membedakan larutan asam kuat, basa kuat, asam lemah, dan basa lemah
berdasarkan daya hantar listrik
Dasar Teori
Untuk menguji sifat larutan asam dan
basa digunakan kertas lakmus merah dan biru. Lakmus merupakan indicator buatan
yang harganya cukup mahal. Banyak bahan alam yang dapat digunakan sebagai
indicator yaitu dari berbagai tumbuhan yang ada disekitar kita dan cara
membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan indicator alami.
Indicator alami yaitu indicator yang
berasal dari bahan-bahan alami, cara memperolehnya dengan cara mengekstrak.
Berbagai bunga yang berwarna atau tumbuhan, seperti daun, mahkota bunga,
kunyit, kulit manggis, kubis ungu, dapat digunakan sebagai indicator asam-basa.
Ekstrak atau sari dari bahan-bahan ini dapat menunjukkan warna yang berbeda
dalam larutan asam-basa.
Kelebihan dari indicator alami ini
yaitu mudah didapatkan di alam atau di lingkungan sekitar. Kekurangannya tidak
dapat menunjukkan secara spesifik pH yang dimiliki oleh larutan yang di uji.
Sehingga yang dapat diketahui hanya sifat asam, basa, dan netral saja, tanpa
mengetahui pH nya.
e.
bayam merah f. bunga pacar g. daun pandan h. bunga bougenville
Alat dan Bahan :
Alat : Bahan
:
1. Lumpang
dan alu/ blender 1. Air sabun 7. Daun pandan/ suji
2. Tissue/
serbet 2.
Cuka 8.
Kubis ungu
3. Sendok 3.
Air garam 9.
Kunyit
4. Pipet
tetes 4.
Air Gula 10. Fenolftalein
5. Wadah 5.
Jeruk Lemon 11. Metil merah
6.
bunga kembang sepatu 12. Metil jingga
Langkah Kerja :
1. Pilihlah
beberapa helai mahkota bunga dari bunga kembang sepatu
2. Gerus
dalam lumpang atau blender dengan sedikit air
3. Saring ekstrak mahkota bunga merah tersebut dengan menggunakan
serbet/tissue
4. Teteskan
10 tetes air sabun, cuka, dan air garam kedalam wadah. Perhatikan warna
masing-masing larutan tersebut.
5. Teteskan
pada masing-masing larutan tersebut, 3 tetes dari ekstrak bunga kembang sepatu
tadi. Amati yang terjadi dan perhatikan warna masing-masing larutan.
6. Ulangi
kegiatan diatas dengan daun pandan, kubis ungu dan kunyit.
7. Buatlah
larutan cuka dengan cara mencampurkan 3 gram cuka kedalam 120 ml air, kemudian
tetesi sebagian dengan masing-masing indikator, sebagian lagi dengan kertas
lakmus.
Hasil Pengamatan :
a. Dengan
menggunakan indikator alami
No
|
Indikator
Alami
|
Larutan
Uji
|
Perubahan
Warna
|
Keterangan
|
|
Awal
|
Akhir
|
||||
1.
|
Bunga
kembang sepatu
|
Air
Sabun
Air
jeruk nipis
Air
cuka
Air
garam
Air
gula
Jeruk
Lemon
|
|||
2.
|
Daun
pandan
|
Air
Sabun
Air
jeruk nipis
Air
cuka
Air
garam
Air
gula
Jeruk
Lemon
|
|||
3.
|
Kubis
Ungu
|
Air
Sabun
Air
jeruk nipis
Air
cuka
Air
garam
Air
gula
Jeruk
Lemon
|
|||
4.
|
Kunyit
|
Air
Sabun
Air
jeruk nipis
Air
cuka
Air
garam
Air
gula
Jeruk
Lemon
|
b. Dengan
menggunakan lakmus
No.
|
Bahan
Uji
|
Perubahan
Warna
|
Keterangan
|
|
Lakmus
merah
|
Lakmus
biru
|
|||
1.
|
Air
Sabun
|
|||
2.
|
Air
jeruk nipis
|
|||
3.
|
Air
cuka
|
|||
4.
|
Air
garam
|
|||
5.
|
Air
gula
|
|||
6.
|
Jeruk
Lemon
|
c. Menggunakan
Indikator Buatan
No.
|
Bahan
Uji
|
Perubahan
Warna
|
Keterangan
|
||
Phenolphthalein
|
Metil
Merah
|
Metil
Jingga
|
|||
1.
|
Air
Sabun
|
||||
2.
|
Air
jeruk nipis
|
||||
3.
|
Air
cuka
|
||||
4.
|
Air
garam
|
||||
5.
|
Air
gula
|
||||
6.
|
Jeruk
Lemon
|
Penjelasan:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Pertanyaan / Tugas :
1.
Apakah terjadi perubahan warna pada
lakmus merah dan biru bila di celupkan kedalam jeruk nipis dan larutan sabun?
Jelaskan mengapa demikian!
2.
Kemukakan pendapatmu apakah pada deterjen/sabun
dapat dilakukan perhitungan konsentrasi dan pH? Jelaskan !
Medan,
04 Juni 2019
|
|
Mengetahui
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Kepala
Sekolah
|
|
Nurul
Syafiqah, S.Pd
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar