Kamis, 04 Juli 2019

RPP K13 Kimia SMK (Asam-Basa)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.   Identitas Program Pendidikan:

Nama Sekolah         
:
SMK
Mata Pelajaran
:
K I M I A
Kompetensi Keahlian
:
Kelas/Semester
:
X/1
Tahun Pelajaran
:
2018/2019
Alokasi Waktu
:
6 JP
B.   Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
KI
Deskripsi Kompetensi Inti
Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar

KD
KODE
Deskripsi Kompetensi Dasar
Pengetahuan
3.5
Menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam basa dan daya hantar listriknya
Keterampilan
4.5
Melakukan percobaan uji larutan berdasarkan sifat asam basa dan daya hantar listriknya

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Tujuan Pembelajaran (TP)

KODE IPK
RUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
RUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)
3.5.1
Membedakan larutan berdasarkan sifat asam basa
Melalui diskusi kelompok dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, peserta didik mampu menuliskan hal-hal yang membedakan larutan asam-basa berdasarkan sifat-sifatnya.
3.5.2
Menganalisis konsep larutan berdasarkan daya hantar listriknya
Melalui diskusi kelompok dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar, peserta didik mampu menuliskan hal-hal yang membedakan larutan berdasarkan daya hantar listriknya
4.5.1
Mengidentifikasi larutan berdasarkan sifat asam-basa
Melalui percobaan yang dilakukan, peserta didik mampu membedakan larutan berdasarkan sifat asam-basa.
4.5.2
Mengidentifikasi larutan berdasarkan daya hantar listriknya
Melalui pecobaan yang dilakukan, peserta didik mamtu membedakan larutan berdasarkan daya hantar listriknya.
D.   Materi Pembelajaran
Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran :
1.   Defenisi Larutan Asam-Basa
2.   Konsep menyelesaikan masalah yang berkaitan larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
3.   Prosedur penyelesaian masalah yang berkaitan dengan larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
4.   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya.

E.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan
Saintifik
Model
Problem Based Learning
Metode
Diskusi Kelompok, praktikum, laporan
F.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama = 2 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·    Memberi salam
·    Berdoa
·    Mengecek kehadiran
·    Menyanyikan lagu nasional
·    Mengecek kebersihan kelas
·    Mengecek kelengkapan belajar
·    Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
·    Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
·    Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara belajarnya
·    Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
10 menit
Inti
Sintak
Deskripsi Problem Based Learning
Waktu
1.   Mengidentifikasi masalah
·     Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai mengidentifikasi masalah yang akan ditentukan penyelesaiannya
·     Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
5 menit
2.    Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
·     Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan kemudian menunjukkan kepada guru.
·     Guru memberikan penilaian terhadap hasil identifikasi siswa dan kelompoknya
5 menit
3.   Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
·     Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek perbedaan pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan membaca dari buku paket,LKS, buku-buku yang relevan, dan media internet ”
·     Guru memberikan tanggapan yang diperlukan

5 menit
4.   Melakukan tindakan strategis
·     Siswa dan kelompoknya mulai menemukan tindakan strategis untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
·     Guru menilai kinerja kelompok
15 menit
5.   Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
·     Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja mereka dan melihat apakah hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya sudah lengkap
·     Siswa dan kelompoknya mempresentasekan hasil pengumpulan informasi mengenai konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
·     Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran


40 menit
Penutup
Deskripsi kegiatan
Waktu

Ø  Guru Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat rangkuman hasil belajar
§ Melakukan refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø  Guru melalukan:
§ Penilaian dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri daya hantar listrik larutan.
§ Memberi tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu Praktikum Uji Larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
Ø  Do’a penutup pembelajaran
10 menit

Pertemuan Kedua = 2 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·    Memberi salam
·    Berdoa
·    Mengecek kehadiran
·    Menyanyikan lagu nasional
·    Mengecek kebersihan kelas
·    Mengecek kelengkapan belajar
·    Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
·    Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
·    Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara belajarnya
·    Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
10 menit
Inti
Sintak
Deskripsi Problem Based Learning
Waktu
6.   Mengidentifikasi masalah
·     Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai mengidentifikasi masalah yang akan ditentukan penyelesaiannya
·     Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
5 menit
7.    Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
·     Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan kemudian menunjukkan kepada guru.
·     Guru memberikan penilaian terhadap hasil identifikasi siswa dan kelompoknya
5 menit
8.   Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
·     Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek perbedaan pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan menggunakan indikator alami atau buatan, 
·     Guru memberikan tanggapan yang diperlukan

5 menit
9.   Melakukan tindakan strategis
·     Siswa dan kelompoknya mulai melakukan praktikum untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
·     Guru menilai kinerja kelompok
50 menit
10.             Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
·     Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja mereka dan mencatat hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya melalui praktikum yang telah dilaksanakan.
·     Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran
10 menit
Penutup
Deskripsi kegiatan
Waktu

Ø  Guru Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat rangkuman hasil belajar
§ Melakukan refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø  Guru melalukan:
§ Penilaian dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri daya hantar listrik larutan.
§ Memberi tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikut yaitu Praktikum Uji Larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
Ø  Do’a penutup pembelajaran
10 menit

Pertemuan Ketiga = 2 x 45 menit
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·    Memberi salam
·    Berdoa
·    Mengecek kehadiran
·    Menyanyikan lagu nasional
·    Mengecek kebersihan kelas
·    Mengecek kelengkapan belajar
·    Memberi motivasi tentang perlunya belajar matriks
·    Apersepsi : Mengajukan pertanyaan seputar matriks
·    Menyampaiakan tujuan pembelajaran dan cara belajarnya
·    Penilaian tertulis mengenai analisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
10 menit
Inti
Sintak
Deskripsi Problem Based Learning
Waktu
11.Mengidentifikasi masalah
·     Siswa di dalam kelompok diskusinya mulai mengidentifikasi masalah yang akan di tampilkan.
·     Guru memperhatikan kinerja siswa dan kelompoknya.
5 menit
12. Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan
·     Siswa dan kelompoknya menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan kemudian menunjukkan kepada guru.
·     Guru memberikan penilaian terhadap hasil identifikasi siswa dan kelompoknya
5 menit
13.             Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian lternative-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang
·     Siswa dan kelompoknya mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternative – alternative, tukar – pikiran dan mengecek perbedaan pandang. “apakah masalah akan diselesaikan dengan menampilkan dalam bentuk tabel atau video kegiatan dan reaksi-reaksi yang terjadi selama praktikum ”
·     Guru memberikan tanggapan yang diperlukan

5 menit
14.             Melakukan tindakan strategis
·     Siswa dan kelompoknya mulai menemukan tindakan strategis untuk menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
·     Guru menilai kinerja kelompok
10 menit
15.             Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
·     Siswa dan kelompoknya mulai mengevaluasi hasil kerja mereka dan melihat apakah hasil penganalisisan konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya sudah lengkap
·     Siswa dan kelompoknya mempresentasekan hasil pengumpulan informasi mengenai konsep larutan berdasarkan sifat asam-basa dan daya hantar listriknya
·     Guru Memberikan nilai akhir dari proses pembelajaran


45 menit
Penutup
Deskripsi kegiatan
Waktu

Ø  Guru Bersama dengan peserta didik:
§ Membuat rangkuman hasil belajar
§ Melakukan refleksi terhadap proses yang sudah dilalui
§ Memberikan umpan balik tentang hasil-hasil yang diperolah selama diskusi kelas
Ø  Guru melalukan:
§ Penilaian dan mengumumkan hasil penilaian kepada peserta didik
§ Memberi tugas baca dirumah berkaitan dengan sifat-sifat asam basa, penggolongan larutan asam-basa, dan ciri-ciri daya hantar listrik larutan.
§ Memberi tahu materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø  Do’a penutup pembelajaran
10 menit

G.   Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran
Media
Laptop, LCD, Projector
Alat
White board, spidol, alat-alat praktikum
Bahan
Lembar Aktivitas Kelompok, Larutan bahan uji
H.   Sumber Belajar
Sumber Belajar
Purba, Michael.2006. Kimia Kelas X. Jakarta: Erlangga

I.     Penilaian Pembelajaran
1.    Teknik Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Pengetahuan
Tes tertulis
Soal Uraian
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Penugasan
daftar perintah
2
Keterampilan
Penilaian Proyek
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian
Praktik
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian
Produk
Soal (perintah), Prosedur,dan Format  Penilaian



2.    Instrumen Penilaian
a.   Pengetahuan

1. Melalui persamaan reaksi pada senyawa CH3COOH jelaskan sifat dari senyawa tersebut !
2. Melalui persamaan reaksi pada senyawa Mg(OH)2 yang terdapat dalam obat magh jelaskan sifat dari senyawa tersebut !

b.   Keterampilan

Penuntun Praktikum
IDENTIFIKASI KEASAMAN DAN KEBASAAN LARUTAN

Hari /Tanggal Percobaan      :
Kelompok                               :
Nama anggota kelompok      :
1.      
2.      
3.      
4.      
5.      
Tujuan Percobaan                 :
1.     Siswa mampu membuat indikator alami dengan bahan-bahan yang ada di alam
2.     Siswa mampu membedakan keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan menggunakan indikator alami dan buatan.
3.     Siswa mampu membedakan larutan asam kuat, basa kuat, asam lemah, dan basa lemah berdasarkan daya hantar listrik
Dasar Teori
            Untuk menguji sifat larutan asam dan basa digunakan kertas lakmus merah dan biru. Lakmus merupakan indicator buatan yang harganya cukup mahal. Banyak bahan alam yang dapat digunakan sebagai indicator yaitu dari berbagai tumbuhan yang ada disekitar kita dan cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan indicator alami.
            Indicator alami yaitu indicator yang berasal dari bahan-bahan alami, cara memperolehnya dengan cara mengekstrak. Berbagai bunga yang berwarna atau tumbuhan, seperti daun, mahkota bunga, kunyit, kulit manggis, kubis ungu, dapat digunakan sebagai indicator asam-basa. Ekstrak atau sari dari bahan-bahan ini dapat menunjukkan warna yang berbeda dalam larutan asam-basa.
            Kelebihan dari indicator alami ini yaitu mudah didapatkan di alam atau di lingkungan sekitar. Kekurangannya tidak dapat menunjukkan secara spesifik pH yang dimiliki oleh larutan yang di uji. Sehingga yang dapat diketahui hanya sifat asam, basa, dan netral saja, tanpa mengetahui pH nya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCKh1WwDslDnRiDoNFAUi21fGNjfiJIwGqxt3grwEMGBSUEwe3TA3n5ydhPqsrMNBG93L5B3ISOqQ0IWaa1WSdWSlXhHF7F5o0m5FLNieKqK_9gVXyP2HBZiMAnXENEpjKbIa-AVPTvvU/s400/Bunga+Kertas.jpghttp://primeedges.files.wordpress.com/2011/04/bayam.jpghttp://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTe_M6vY6VdRqfVuiEm-xHEXwukUmVdIVSrIiubBaJb7MTc5nIizA&t=1http://w27.indonetwork.co.id/pdimage/18/2861118_daun-suji.jpgIndikator Alami


                      
          e. bayam merah      f. bunga pacar          g. daun pandan            h. bunga bougenville
Alat dan Bahan :
Alat :                                                               Bahan :
1.     Lumpang dan alu/ blender                 1. Air sabun                            7. Daun pandan/ suji
2.     Tissue/ serbet                                     2. Cuka                                    8. Kubis ungu
3.     Sendok                                                3. Air garam                           9. Kunyit
4.     Pipet tetes                                           4. Air Gula                            10. Fenolftalein                       
5.     Wadah                                                 5. Jeruk Lemon                     11. Metil merah
                                                            6. bunga kembang sepatu     12. Metil jingga                       
Langkah Kerja :
1.     Pilihlah beberapa helai mahkota bunga dari bunga kembang sepatu
2.     Gerus dalam lumpang atau blender dengan sedikit air
3.     Saring ekstrak mahkota bunga merah tersebut dengan menggunakan serbet/tissue
4.     Teteskan 10 tetes air sabun, cuka, dan air garam kedalam wadah. Perhatikan warna masing-masing larutan tersebut.
5.     Teteskan pada masing-masing larutan tersebut, 3 tetes dari ekstrak bunga kembang sepatu tadi. Amati yang terjadi dan perhatikan warna masing-masing larutan.
6.     Ulangi kegiatan diatas dengan daun pandan, kubis ungu dan kunyit.
7.     Buatlah larutan cuka dengan cara mencampurkan 3 gram cuka kedalam 120 ml air, kemudian tetesi sebagian dengan masing-masing indikator, sebagian lagi dengan kertas lakmus.
Hasil Pengamatan :
a.   Dengan menggunakan indikator alami
No
Indikator Alami
Larutan Uji
Perubahan Warna
Keterangan
Awal
Akhir
1.
Bunga kembang sepatu
Air Sabun
Air jeruk nipis
Air cuka
Air garam
Air gula
Jeruk Lemon




2.
Daun pandan
Air Sabun
Air jeruk nipis
Air cuka
Air garam
Air gula
Jeruk Lemon



3.
Kubis Ungu
Air Sabun
Air jeruk nipis
Air cuka
Air garam
Air gula
Jeruk Lemon



4.
Kunyit
Air Sabun
Air jeruk nipis
Air cuka
Air garam
Air gula
Jeruk Lemon




b.   Dengan menggunakan lakmus
No.
Bahan Uji
Perubahan Warna
Keterangan
Lakmus merah
Lakmus biru
1.
Air Sabun



2.
Air jeruk nipis



3.
Air cuka



4.
Air garam



5.
Air gula



6.
Jeruk Lemon




c. Menggunakan Indikator Buatan
No.
Bahan Uji
Perubahan Warna
Keterangan
Phenolphthalein
Metil Merah
Metil Jingga
1.
Air Sabun




2.
Air jeruk nipis




3.
Air cuka




4.
Air garam




5.
Air gula




6.
Jeruk Lemon








Penjelasan:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Pertanyaan / Tugas :
1.   Apakah terjadi perubahan warna pada lakmus merah dan biru bila di celupkan kedalam jeruk nipis dan larutan sabun? Jelaskan mengapa demikian!
2.   Kemukakan pendapatmu apakah pada deterjen/sabun dapat dilakukan perhitungan konsentrasi dan pH? Jelaskan !





Medan, 04 Juni 2019
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah







Nurul Syafiqah, S.Pd




Tidak ada komentar:

Posting Komentar