Rabu, 11 Maret 2015

RPP Kimia Kurikulum 2013 kelas X SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah            : SMK PELAYARAN BAHARI
Mata Pelajaran           : Kimia
Kelas/Semester           : X/I    
Materi pokok              : Materi dan Perubahannya
Alokasi Waktu            : 3 x 2 JP

a.   Kompetensi Inti
KI 1           : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2           : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3           : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4           : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
b.   Kompetensi Dasar dan Indikator
KD pada KI-3 :
3.1 Menganalisis konsep materi dan perubahannya
Indikator :
-        Menjelaskan pengertian materi.
-        Mengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.

KD pada KI-4 :
4.1 Mengklasifikasi perubahan materi berdasarkan sifat-sifatnya
Indikator :
-        Menjelaskan pengertian perubahan materi.
-        Mengelompokkan perubahan materi.
-        Merancang percobaan untuk menyelidiki perubahan materi
-        Mengamati perubahan materi yang terjadi
-        Mengklasifikasikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan

c.      Tujuan Pembelajaran
-        Siswa dapat menyadari adanya keteraturan sifat perubahan materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
-        Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
-        Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
-        Siswa mampu menjelaskan pengertian materi
-        Siswa mampu mengelompokkan materi.
-        Siswa mampu merancang percobaan untuk menyelidiki perubahan materi
-        Siswa mampu mengamati dan mencatat hasil percobaan perubahan materi pada beberapa larutan
-        Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan
-        Siswa dapat menyimpulkan jenis-jenis perubahan materi.
d.   Materi Pembelajaran
-        Fakta                : perubahan kimia, perubahan fisika,terlarut, pelarut.
-        Konsep             : bentuk fisik, larutan, reaksi
-        Prinsip              : peran perubahan materi
-        Prosedur           : langkah kerja percobaan perubahan materi pada benda dan larutan
-        Materi adalah segala sesuatu yantg memiliki massa dan menempati ruang (memiliki volume).
-        Materi dapat berwujud padat, cair maupun gas.
-        Materi memiliki sifat fisika dan sifat kimia.
-        Sifat materi terkait dengan kondisi fisik yang dapat dilihat dengan panca indera dan tidak terkait dengan pembentukan zat baru.
-        Sifat kimia menghasilkan zat baru.
-        Materi dapat digolongkan kedalam zat tunggal (unsure dan senyawa) dan campuran (larutan, koloid, dan suspensi).
e.      Metode Pembelajaran
1.     Eksperimen
2.     Diskusi Kelompok
3.     Inquiri
f.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
a.      Media               : white board, spidol
b.     Alat/ Bahan      : beberapa jenis materi untuk identifikasi
c.      Sumber belajar : Purba, M., Kimia untuk SMK dan MAK Kelas X, Erlangga : Jakarta.
d.     Internet            : chemistry.org
g.      Langkah- langkah kegiatan pembelajaran
     Pertemuan 1
Kegiatan
Waktu
 Keterangan
A.    Pendahuluan
1)     Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2)     Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang materi dan bahan dasar kursi dan meja.
3)     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4)     Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan mencari artikel tentang materi dan energy.
15’
Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan tugas mencari artikel tentang perubahan materi

B.     Kegiatan Inti Guru
1.     Siswa diminta mengkaji literatur tentang materi dan energy.
2.     Guru mengajukan  pertanyaan apakah energy yang dapat dirasakan siswa dari alam dan apa materi pemberi energy tersebut? Dan bagaimana sifat dari materi meja dan bangku?
3.     Siswa diminta untuk berdiskusi apa saja contoh materi di sekitar mereka.
4.     Siswa menmpresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku tentang materi dan energy yang dikandungnya serta sifat-sifat materi.
5.     Siswa menyimpulkan bahwa materi dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, sifat materi terdiri atas sifat fisika dan kimia.

40’



Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.



Siswa melakukan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
C.    Penutup
·     Guru bersama siswa membuat  kesimpulan tentang materi dan sifat-sifat materi.
·     Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai materi dan perubahannya.
·     Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
25’





Pertemuan 2
Kegiatan
Waktu
 Keterangan
D.    Pendahuluan
1.   Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2.   Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang perubahan yang terjadi pada meja dan bangku siswa.
3.   Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.   Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan mencari artikel tentang perubahan materi.
15’
Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan tugas mencari artikel tentang perubahan materi

Kegiatan Inti Guru
1.   Siswa diminta mengkaji literatur tentang perubahan materi.
2.   Guru mengajukan  pertanyaan apakah meja dan bangku siswa memiliki materi yang sama? Lalu apakah perbedaan dan kesamaan antara keduanya? Apakah nasi yang sudah masak dapat kembali menjadi beras?
3.   Siswa diminta untuk berdiskusi apa saja contoh perubahan materi di sekitar mereka.
4.   Siswa menmpresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku tentang perubahan materi yang berasal dari materi yang sama.
5.   Siswa menyimpulkan bahwa materi dapat berubah bentuk disebut perubahan fisika, dan materi dapat menghasilkan zat baru dari materi asal disebut perubahan kimia.

40’



Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.



Siswa melakukan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
Penutup
·     Guru bersama siswa membuat  kesimpulan tentang perubahan materi.
·     Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai materi dan perubahannya.
·     Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
25’



Pertemuan ke 3
Kegiatan
Waktu
 Keterangan
a.     Pendahuluan
1.   Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2.   Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan larutan asam cuka
3.   Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.   Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan mencari artikel tentang pengelompokkan materi.
15’
Guru  menagih secara lisan tugas baca  dan tugas mencari artikel tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit

b.     Kegiatan Inti Guru
1.   Siswa diminta mengkaji literatur tentang penglompokkan materi.
2.   Guru mengajukan  pertanyaan apa unsure yang terdapat dalam udara? Dan apakah udara merupakan zat tunggal? Apakah gula dapat larut dalam air?
3.   Siswa diminta merancang percobaan untuk menyelidiki  sifat larutan berdasarkan reaksi yang dialami setelah pencampuran 2 jenis zat.
4.   Siswa melakukan percobaan pengelompokkan materi pada  beberapa zat.
5.   Siswa mengamati dan mencatat data hasil percobaan kelompok materi yang member hasil sama pada beberapa larutan.
6.   Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk menyimpulkan pencampuran antara 2 zat berbeda akan menghasilkan kelompok larutan, koloid, dan suspensi.
7.   Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan reaksi yang terjadi.
8.   Siswa menyimpulkan bahwa pencampuran 2 jenis zat dpat di golongkan kedalam larutan, koloid, dan suspensi.
9.   Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang pengelompokkan materi

50’




Penutup
·     Guru bersama siswa membuat  kesimpulan tentang materi dan perubahannya.
·     Guru meminta siswa mencatat soal penugasan mengenai materi dan perubahannya.
·     Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya
15’




h.     Penilaian
No
Aspek
Mekanisme dan Prosedur
Instrumen
Keterangan
1.
Sikap
-        Observasi Kerja Kelompok
- Lembar Observasi

2.
Pengetahuan
-        Penugasan
-        Tes Tertulis
-        Soal Penugasan
-        Soal Objektif

3.
Ketrampilan
-        Kinerja Presentasi
-        Laporan Praktik
-        Kinerja Presentasi
-        Rubrik Penilaian


Mengetahui                                                                             Medan,     Agustus 2014
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Bidang Studi,



                                                                                               Nurul Syafiqah, S.Pd




Tidak ada komentar:

Posting Komentar